UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2017

10Nov

Ditulis oleh 1154 pada Jumat, 10 November 2017 09:15 WIB

Pada Hari Jum’at, tanggal 10 Nopember 2017 pukul 07.30 WIB, Pengadilan Negeri  Surakarta Kelas IA Khusus melaksanakan upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 dengan tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”. Pembina upacara adalah Hakim Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus, Bapak Mula Pangaribuan, S.H., M.H. Upacara berlangsung khidmat dan diikuti oleh para Hakim,  Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional dan seluruh pegawai serta para honorer di Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus.

 

Adapun Urutan Upacara :

  1. Peserta Upacara menempati tempat yang telah ditentukan,
  2. Pengibaran Bendera Merah Putih;
  3. Mengheningkan Cipta;
  4. Pembacaan Pancasila;
  5. Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945;
  6. Pembacaan Pesan-Pesan Pahlawan/Kata-Kata Mutiara;
  7. Amanat Pembina Upacara
  8. Pembacaan Doa.

(drn/ldw)


RAPAT RUTIN BULAN NOPEMBER 2017

07Nov

Ditulis oleh krt pada Selasa, 07 November 2017 10:25 WIB

Pada Hari Selasa, Tanggal 7 Nopember 2017 Pengadilan Negeri Surakarta Kelas I A Khusus menyelenggarakan rapat rutin bulan Nopember 2017 bertempat di Ruang Kusumah Atmaja yang dimulai pukul 08.30 WIB. Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Kelas I A Khusus, Bapak Torowa Daeli, SH, MH memimpin rapat bulanan. Rapat tersebut dihadiri oleh keluarga besar Pengadilan Negeri Surakarta Kelas I A Khusus. Bapak Torowa Daeli, SH, MH senantiasa terus mengingatkan untuk selalu berpegang pada PERMA RI Nomor 7 Tahun 2016, PERMA RI Nomor 8 Tahun 2016, PERMA RI Nomor 9 Tahun 2016 dan Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 01/Maklumat/KMA/IX/2017. Beliau juga mengharapkan adanya peningkatan profesionalisme kerja berupa percepatan pelayanan publik yaitu mewujudkan one stop service. Beliau juga menyampaikan kesan dari kunjungan Bapak Dirjen pada tanggal 3 Nopember 2017, Bapak Dirjen Dr. H. Herri Swantoro, SH. MH yang merasa sudah banyak perubahan yang lebih baik di Pengadilan Negeri Surakarta kelas I A Khusus dibandingkan kunjungan sebelumnya. 

(drn/ldw)


KUNJUNGAN DIREKTUR JENDERAL BADAN PERADILAN UMUM

03Nov

Ditulis oleh krt pada Jumat, 03 November 2017 15:03 WIB

Dalam kunjungannya di Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus pada hari Jum'at tanggal 3 Nopember 2017,  Dirjen Badilum Bapak Dr. H. Herri Swantoro, SH, MH, yang didampingi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Bapak Dr. Nommy HT Siahaan, SH, MH; Ketua Pengadilan Negeri Surakarta, Bapak Torowa Daeli, S.H., M.H; Sekretaris, Ibu Rumiasari, SE, SH, MM; Panitera, Bapak Sulaiman, SH, MH dan Para Hakim Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus meninjau gedung kantor, dilanjutkan melihat kondisi kebersihan kantor yang dinilai sudah bersih dan beliau berpesan agar kebersihan kantor ditingkatkan. Beliau juga memberikan evaluasi dan masukan antara lain tentang pengecatan ruang tahanan dengan warna putih dan juga sirkulasi udara untuk ruang tahanan perlu untuk diperhatikan.(drm)


PENGAJIAN RUTIN PENGADILAN NEGERI SURAKARTA KELAS IA KHUSUS

02Nov

Ditulis oleh 1154 pada Kamis, 02 November 2017 14:56 WIB

Pada Hari Rabu, Tanggal 2 Nopember 2017 diadakan pengajian rutin yang dimulai pukul 08.30 WIB. Acara dibuka oleh Takmir Masjid, Bapak Darno, SH dan diikuti oleh umat muslim Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus sebanyak 67 orang. Acara diisi dengan pembacaan Surat Yasin dilanjutkan dengan tausiyah dengan tema "Kehidupan setelah Mati" yang dipimpin oleh Bapak Ustad H. Ahmad Yani, S.Ag. Semoga dengan adanya siraman rohani ini akan menambah keimanan dan ketaqwaan bagi kita semua.(drm)


UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-89 TAHUN 2017

27Oct

Ditulis oleh krt pada Jumat, 27 Oktober 2017 10:44 WIB

Pada Hari Jum’at, tanggal 27 Oktober 2017 pukul 07.30 WIB, Pengadilan Negeri  Surakarta Kelas IA Khusus melaksanakan upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017 dengan tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”. Pembina upacara adalah Hakim Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus, Bapak Supomo, S.H., M.H. Upacara berlangsung khidmat diikuti oleh para Hakim,  Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional dan seluruh pegawai serta para honorer dari Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus.

Acara diawali :

  1. Peserta Upacara menempati tempat yang telah ditentukan,
  2. Pengibaran Bendera Merah Putih;
  3. Mengheningkan Cipta;
  4. Pembacaan Pancasila;
  5. Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945;
  6. Pembacaan Keputusan Konggres Pemuda Indonesia 1928;
  7. Amanat Pembina Upacara : Pembacaan Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga;
  8. Pembacaan Doa.

(drn/ldw)


KUNJUNGAN KERJA DAN PEMBINAAN KETUA PENGADILAN TINGGI JAWA TENGAH

17Oct

Ditulis oleh krt pada Selasa, 17 Oktober 2017 11:04 WIB

Pada Hari Senin, Tanggal 16 Oktober 2017 Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Bapak Nommy HT, Siahaan, SH. MH melakukan kunjungan kerja ke kantor Pengadilan Negeri Surakarta Kelas I A Khusus. Bapak Nommy HT, Siahaan, SH. MH dan Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Kelas I A Khusus, Bapak Torowa Daeli, SH, MH mengadakan rapat Pengawasan dan Pembinaaan bertempat di Ruang Rapat yang dimulai pukul 15.30 WIB. Bapak Torowa Daeli, SH, MH memimpin rapat tersebut, kemudian dilanjutkan pembinaan dari Bapak Nommy HT, Siahaan, SH. MH. Pengawasan dan pembinaan ini dilakukan dalam 3 (tiga) sesi, yaitu :

1. Pengawasan dan pembinaan untuk para Hakim.

2. Pengawasan dan pembinaan untuk para Panitera Pengganti dan Pejabat Kepaniteraan.

3. Pengawasan dan pembinaan untuk Pejabat Kesekretariatan dan seluruh staf.

Bapak Nommy HT, Siahaan, SH. MH menyampaikan bahwa pengawasan agar dilakukan sebaik-baiknya sesuai Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 01/Maklumat/KMA/IX/2017 Tanggal 11 September 2017, para hakim agar menjalankan tugas sebaik-baiknya sebagai pemberi keadilan dan mempunyai integritas, kejujuran, moral serta tanggung jawab yang baik dalam menjalankan profesi hakim. Bapak Nommy HT, Siahaan, SH. MH juga menyampaikan bahwa pengawasan dan pembinaan agar dilakukan terus-menerus dan berjenjang serta dilakukan paling tidak sebulan sekali dengan disertai : daftar hadir, dokumentasi dan notulen. Bapak Nommy HT, Siahaan, SH. MH menyampaikan bahwa para Panitera Pengganti dan Pejabat Kepaniteraan mempunyai tugas penting, kehadiran dan keeksistensiannya sangat penting sehingga harus menghargai profesinya masing-masing, jangan sampai ada gangguan atau distorsi penyalahgunaan jabatan, jangan ada pihak yang mempengaruhi dalam melaksanakan tugasnya. Bapak Nommy HT, Siahaan, SH. MH menyampaikan bahwa semua Pejabat Kesekretariatan dan seluruh staf mempunyai tanggung jawab yang sangat penting dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Beliau menyampaikan bahwa semua pimpinan harus melaksanakan pengawasan secara berjenjang dan terus menerus serta dilaporkan ke Ketua Pengadilan dan dilaporkan bertingkat seterusnya. Beliau juga menyampaikan bahwa Mahkamah Agung tidak akan memberikan bantuan hukum kepada Hakim maupun aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya yang diduga melakukan tindak pidana dan diproses di Pengadilan. Rapat ditutup oleh Bapak Torowa Daeli, SH, MH yang senantiasa terus mengingatkan untuk selalu berpegang pada PERMA RI Nomor 7 Tahun 2016, PERMA RI Nomor 8 Tahun 2016, PERMA RI Nomor 9 Tahun 2016, Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 01/Maklumat/KMA/IX/2017. (drn/ldw)


RAPAT RUTIN BULAN OKTOBER 2017

17Oct

Ditulis oleh krt pada Selasa, 17 Oktober 2017 10:52 WIB

Pada Hari Senin, Tanggal 16 Oktober 2017 Pengadilan Negeri Surakarta Kelas I A Khusus menyelenggarakan rapat rutin bulan Oktober 2017 bertempat di Ruang Kusumah Atmaja yang dimulai pukul 08.30 WIB. Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Kelas I A Khusus, Bapak Torowa Daeli, SH, MH memimpin rapat bulanan. Rapat tersebut dihadiri oleh Ketua, Bapak Ibu Hakim, Panitera, Sekretaris, Kepala Bagian Umum, para Panitera Muda, para Kepala Sub Bagian, para Panitera Pengganti, para Jurusita dan para pegawai, serta tenaga honorer Pengadilan Negeri Surakarta Kelas I A Khusus.

 

Bapak Torowa Daeli, SH, MH senantiasa terus mengingatkan untuk selalu berpegang pada PERMA RI Nomor 7 Tahun 2016, PERMA RI Nomor 8 Tahun 2016, PERMA RI Nomor 9 Tahun 2016 dan Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 01/Maklumat/KMA/IX/2017. Beliau juga mengharapkan adanya peningkatan profesionalisme kerja berupa percepatan pelayanan publik yaitu mewujudkan one day service. Kebersihan dan keamanan kantor harus tetap ditingkatkan karena performance kantor itu memegang peranan penting. (drn/ldw)


UPACARA PERINGATAN KESAKTIAN PANCASILA TAHUN 2017

02Oct

Ditulis oleh krt pada Senin, 02 Oktober 2017 09:15 WIB

Berdasarkan Surat dari Menteri Sekretaris Negara RI Nomor : B-908/M.Sesneg/Set/TU.00.04/09/2017 tanggal 25 September 2017 perihal sebagaimana tersebut pada pokok surat, maka dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2017, dengan ini Mahkamah Agung menginstruksikan kepada seluruh pengadilan pada empat lingkungan peradilan untuk menyelenggarakan upacara bendera pada hari Senin, tanggal 02 Oktober 2017.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 di Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus diikuti oleh Ketua, Bapak Ibu Hakim, Panitera, Sekretaris, Kepala Bagian Umum, para Panitera Muda, para Kepala Sub Bagian, para Panitera Pengganti, para Jurusita/Jurusita Pengganti dan para pegawai, serta tenaga honorer dengan Pembina Upacara Bapak Dalyusra, SH., M.H ( Hakim Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus) dengan Tema " Kerja Bersama Berdasarkan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur " .

 


SOSIALISASI PENYELENGGARAAN JKK DAN JKM PEGAWAI ASN DAN PEGAWAI NEGERI

02Oct

Ditulis oleh 1154 pada Senin, 02 Oktober 2017 09:13 WIB

Pada Hari Jum’at, Tanggal 29 September 2017 bertempat di Ruang Kusumah Atmaja, pada pukul 08.30 WIB diadakan Sosialisasi Penyelenggaraan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Pegawai Negeri dari PT.Taspen Surakarta oleh Bapak Yadiyanto dan Bapak Adi Nugroho. Sosialisasi dibuka oleh Kepala Bagian Umum, Bapak Drs. Joko Siswo Pramono, SH., MH.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan tentang produk-produk Taspen, yaitu :

  1. Tabungan Hari Tua, yang juga termasuk Asuransi Kematian.
  2. Program Pensiun, sebagai penghargaan bagi Pegawai Negeri Sipil.
  3. Perlindungan atas resiko kecelakaan kerja/sakit akibat kerja berupa perawatan/santunan dan tunjangan cacat.
  4. Perlindungan atas resiko kematian bukan akibat kecelakaan kerja, berupa santunan kematian.

(drn/ldw)

 

 


RAPAT RUTIN DAN SOSIALISASI MAKLUMAT KETUA MA RI No. 01/Maklumat/KMA/IX/2017

19Sep

Ditulis oleh krt pada Selasa, 19 September 2017 11:51 WIB

Pada Hari Selasa, Tanggal 19 September 2017 bertempat di Ruang Kusumah Atmaja, pada pukul 08.30 WIB diadakan Rapat Rutin Bulan September 2017 yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Kelas I A Khusus, Bapak Torowa Daeli, SH, MH. Rapat tersebut dihadiri oleh Ketua, Bapak Ibu Hakim, Panitera, Sekretaris, Kepala Bagian Umum, para Panitera Muda, para Kepala Sub Bagian, para Panitera Pengganti, para Jurusita dan para pegawai, serta tenaga honorer Pengadilan Negeri Surakarta Kelas I A Khusus.

Adapun pembahasan rapat adalah :

1. Panggilan Delegasi dari luar maupun delegasi keluar perlu diperhatikan dan ditindaklanjuti, dengan contact person yaitu Wakil Panitera Pengadilan Negeri Surakarta Kelas I A Khusus, sehingga relas panggilan sidang bisa berjalan dengan tepat waktu.

2. Diharapkan Pengisian SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) dapat terus meningkat dan berindikator hijau.

3. Kebersihan dan keamanan kantor harus tetap ditingkatkan karena performance kantor merupakan hal yang utama.

Acara dilanjutkan dengan Sosialisasi Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia No : 01/Maklumat/KMA/IX/2017 Tanggal 11 September 2017 Tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya, yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Kelas I A Khusus, Bapak Torowa Daeli, SH, MH. Beliau menekankan perlunya meningkatkan efektifitas pencegahan terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan tugas atau pelanggaran perilaku Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya dengan melakukan pengawasan dan pembinaan baik di dalam maupun di luar kedinasan secara berkala dan berkesinambungan.(drn/ldw)