Sejarah Pengadilan Negeri Surakarta
Ditulis oleh krt pada Jumat, 29 April 2016 19:21 WIB

Bangunan lama PN SurakartaPengadilan Negeri Klas IA Khusus Surakarta terletak di Wilayah Pemerintah Kota Surakarta atau lebih terkenal dengan istilah terletak di kota Sala. Pengadilan Negeri Surakarta beralamat di Jalan Slamet Riyadi No.290 Surakarta .Bangunan Pengadilan Negeri Surakarta berdiri sejak jaman Belanda, yang pada mulanya terdiri dari 2 (dua) bagian, yaitu :

  1. Landraad
  2. Landgrecht

Gedung-gedung tersebut menghadap ke barat yaitu Jl. Dr.Soepomo. 2-3. Kemudian Pengadilan Tentara membuat gedung di erf Pengadilan Negeri Surakarta yaitu diantara 2 gedung landraad bagian utara dan selatan yang juga menghadap ke Jl Dr.Soepomo. Gedung yang selatan pada mulanya juga landraad / landgrecht, yakni gedung landraad dan landgrecht Sragen-Wonogiri di Surakarta., Pada Jaman R.I. gedung-gedung tersebut menjadi Pengadilan Negeri Sragen-Wonogiri. Pada tahun 1966 Pengadilan Negeri Sragen-Wonogiri dipecah masing-masing berdiri sendiri dan harus berkantor di daerah masing-masing.Karanganyar dan Sukoharjo pada jaman Belanda berupa Kawedanan Pemerintahannya ikut Surakarta. Pada Jaman R.I. setelah Kabupaten terbentuk Pengadilan masih ikut yurisdiksi Pengadilan Negeri Surakarta.Setelah Pengadilan Negeri Karanganyar dan Sukoharjo terbentuk dan personelnya terisi, harus menduduki daerah masing-masing, dan pada tahun 1966 memisahkan diri dari Pengadilan Negeri Surakarta dan menduduki daerah masing-masing.

Pada tahun 1996 Pengadilan Negeri Surakarta yang semula menghadap ke Jalan Dr. Soepomo 2-3, kemudian berganti menghadap ke Jalan Slamet Riyadi No. 290 sampai dengan sekarang. Keadaan Pengadilan Negeri Surakarta saat ini Luas Tanah 9640 M2 dengan Luas Gedung 5330 M2 dan Luas Halaman 4310 M2.

Pengadilan Negeri Surakarta mengalami beberapa kali kenaikan kelas, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehakiman R.I.Tanggal 21 Septrember 1999, Nomor. M.08.AT.01.05 Tahun 1999 Pengadilan Negeri Surakarta naik kelas dari Kelas IB menjadi Kelas IA. Kemudian dari Kelas IA menjadi Klas IA Khusus berdasarkan Keputusan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusian R.I. tanggal 2 September 2003, Nomor : M.4725.Kp.04.04 TAHUN 2003.


Bagikan di sosial media: