HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Surakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Surakarta

Sepakat Damai, Mantan Pasangan Suami-Isteri Mencabut Gugatan terhadap Bank

on Kamis, 01 April 2021. Posted in Berita Terkini

Sepakat Damai, Mantan Pasangan Suami-Isteri Mencabut Gugatan  terhadap Bank

Surakarta, 1 April 2021, Mediator Pengadilan Negeri Surakarta, Hakim Makmurin Kusumastuti, S.H., M.H., berhasil mendamaikan para pihak dalam sengketa utang-piutang.

Dalam surat gugatan tanggal 18 Januari 2021,  mantan pasangan suami-isteri Maftuhah dan Aris Efendi selaku debitur Kredit Perumahan Rakyat pada Bank Tabungan Negara Cabang Surakarta, mempermasalahkan proses penjualan barang jaminan berupa tanah dan bangunan rumah tinggal di Mojosongo, Jebres, Surakarta.

Dalam perkara yang terdaftar pada register Kepaniteraan PN Surakarta Nomor 10/Pdt.G/2021/PN Skt tersebut, Para Penggugat yang diwakili oleh Kuasa Hukumnya, Advokat Diah Sri Nugraheni, S.H., dan Dwi Sri Nugraheni, S.H., mendalilkan bahwa mereka sebelumnya tidak mendapatkan pemberitahuan tentang adanya proses pelelangan tersebut, sementara mereka merasa masih memiliki itikad baik untuk menyelesaikan pembayaran utangnya kepada pihak bank.

Menjalankan amanat Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan, PN Surakarta memfasilitasi proses mediasi antara kedua belah pihak. Mediasi dihadiri oleh prinsipal penggugat dan kuasanya tersebut serta kuasa dari PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Surakarta, Belladina Putri Sukmasari, S.H.

Setelah melalui beberapa kali perundingan, pada hari Kamis, 1 April 2021, para pihak sepakat untuk menyelesaikan perkara mereka secara damai. Pihak bank selaku tergugat mengizinkan penggugat untuk melunasi pembayaran utangnya dengan keringanan dan pihak penggugat bersedia mencabut gugatannya.

Selain sederhana, cepat, dan berbiaya ringan, mediasi ini memiliki kelebihan lain, yaitu para pihak dapat menentukan dan memastikan sendiri hasil akhir dari sengketa yang dihadapinya.

 

(Humas PN Surakarta)

PTSP Pengadilan Negeri Surakarta