HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Surakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Surakarta

Articles in Category: Kegiatan Pengadilan

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019

on Selasa, 01 Oktober 2019. Posted in Kegiatan Pengadilan

Pada Hari Selasa Tanggal 1 Oktober 2019 Pada Pukul 08.00 WIB di Halaman Kantor Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus dalam rangka Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 dengan Tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia, diikuti oleh Bapak/Ibu Hakim, Para Pejabat Struktural dan Fungsional, Pegawai, Calon Hakim Magang dan Honorer di Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus.

Pada upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 ini yang bertindak sebagai Pembina Upacara yaitu Wakil Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus Bapak Djamaludin Ismail,SH.MH. Upacara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB tersebut berlangsung dengan tertib dan lancar. Tujuan dilaksanakannya Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini untuk memperkuat kesetiaan sebagai Warga Negara, sekaligus Aparatur Sipil Negara, agar selalu cinta terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia, karena Pancasila merupakan Ideologi Negara yang harus selalu dijunjung tinggi.

Upacara ini dilaksanakan sesuai dengan surat Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1414/SEK/HM.01.2/9/2019 perihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019, bahwa diinstruksikan kepada seluruh pengadilan pada empat lingkungan peradilan untuk menyelenggarakan upacara pada hari tersebut.

Adapun Urutan Upacara hari ini adalah :

1. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara, dipimpin oleh Komandan Upacara.

2. Laporan Komandan Upacara, upacara siap.

3. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina Upacara.

4. Pembacaan Teks Pancasila.

5. Pembacaan Naskah Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

6. Pembacaan Naskah Ikrar.

7.  Pembacaan Naskah Doa.

8. Laporan Komandan Upacara, upacara selesai.

9. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara.

10. Upacara selesai.

 (drn/ldw)

Upacara Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI Ke-74 Tahun 2019

on Senin, 19 Agustus 2019. Posted in Kegiatan Pengadilan

Pada Hari Senin, tanggal 19 Agustus 2019 dimulai pada pukul 07.30 WIB, Pengadilan Negeri  Surakarta Kelas IA Khusus melaksanakan upacara Peringatan Hari Jadi Mahkamah Agung Republik Indonesia Ke-74 dengan tema “Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi untuk Melayani”. Inspektur upacara adalah Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus,Bapak Krosbin Lumban Gaol, SH. MH. Upacara berlangsung dengan khidmat dan diikuti oleh para Hakim,  Pejabat Struktural,Pejabat Fungsional dan seluruh pegawai, para Calon Hakim Magang, para honorer Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus dan Pengadilan Agama Surakarta. Pada upacara ini juga mengundang para Pensiunan Hakim dan Pensiunan Pegawai Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus.

Acara diawali :

  1. Peserta Upacara menempati tempat yang telah ditentukan, Bendera Merah Putih sudah berkibar;
  2. Mengheningkan Cipta;
  3. Pembacaan Visi dan Misi Mahkamah Agung RI oleh Sekretaris Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus, Ibu Rumiasari, SE, SH., MM;
  4. Pembacaan Amanat Tertulis Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia oleh Bapak Krosbin Lumban Gaol, SH. MH;
  5. Pembacaan Doa.

Acara dilanjutkan ramah tamah dengan seluruh hadirin, yang dilaksanakan di Ruang PTSP. Seluruh peserta upacara kemudian menyaksikan bersama acara peluncuran E-Ligitation melalui live streaming pada kanal youtube Mahkamah Agung dengan URL https://www.youtube.com/c/MahkamahAgungRepublikIndonesia dan menyanyikan secara serentak Himne Mahkamah Agung.

Acara dilanjutkan dengan Pemotongan Tumpeng oleh Ketua Pengadilan Negeri Surakarta, Bapak Krosbin Lumban Gaol, SH. MH dan Ketua Pengadilan Agama Surakarta Bapak DR. Drs. Muhlas, S.H., M.H.. Pemotongan Tumpeng dilakukan sebagai bentuk syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan pembagian hadiah lomba-lomba dalam rangka Menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Acara berlangsung meriah dan penuh suka cita serta meninggalkan kesan yang mendalam untuk semua hadirin yang datang.

(drn/ldw)