PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI (WBK) DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI (WBBM) SERTA PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN/MOU

22Feb

Ditulis oleh 1154 pada Jumat, 22 Pebruari 2019 16:28 WIB

Pada hari Kamis Tanggal 21 Februari 2019, pada pukul 09.00 WIB bertempat di ruang Kusumah Atmaja, Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus,  Bapak Krosbin Lumban Gaol, SH., MH., menggelar Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), hal ini dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014. Acara ini dihadiri oleh Jajaran Forkompimda dan pimpinan Instansi terkait di Kota Surakarta atau yang mewakili serta Perwakilan Forum Komunikasi Umat Beragama.

Dalam acara ini dilaksanakan penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas yang ditandangani oleh Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus,  Bapak Krosbin Lumban Gaol, SH., MH dengan saksi-saksi antara lain : Walikota Surakarta, Bapak FX. Hadi Rudyatmo, yang diwakili oleh Ibu Eny Tiyasni Susana – Plh. Sekda Kota Surakarta, Bapak Drs. Teguh Prakosa; Kepala Kejaksaan Negeri Surakarta, Bapak Teguh Subroto, SH. MH; Kepala Kepolisian Resort Kota Surakarta, Bapak Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo, SH, S.IK dan Komandan Kodim 0735 Surakarta, Bapak Letkol Inf. Ali Akhwan, SE.

Pada acara ini juga dilaksanakan Penandatanganan Nota kesepahaman antara Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus,  Bapak Krosbin Lumban Gaol, SH., MH dengan Kepala Kejaksaan Negeri Surakarta, Bapak Teguh Subroto, SH. MH; Kepala Kepolisian Resort Kota Surakarta, Bapak Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo, SH, S.IK dan Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas I Surakarta, Bapak Muhamad Ulin Nuha, SH.MH dengan disaksikan oleh Walikota Surakarta, Bapak FX. Hadi Rudyatmo yang diwakili oleh Ibu Eny Tiyasni Susana – Plh. Sekda Kota Surakarta; Ketua DPRD Kota Surakarta; Bapak Drs. Teguh Prakosa dan Komandan Kodim 0735 Surakarta, Bapak Letkol Inf. Ali Akhwan, SE.

Selain acara tersebut diatas, juga dilaksanakan Pencanangan Komitmen Bersama Sistem Manajemen Anti Penyuapan oleh Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus,  Bapak Krosbin Lumban Gaol, SH., MH dengan saksi-saksi antara lain : Walikota Surakarta, Bapak FX. Hadi Rudyatmo yang diwakili oleh Ibu Eny Tiyasni Susana – Plh. Sekda Kota Surakartadan Ketua DPRD Kota Surakarta Bapak Drs. Teguh Prakosa.

Dalam sambutannya, Bapak Krosbin Lumban Gaol, SH. MH menyampaikan bahwa untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat pencari keadilan pada semester II tahun 2018 Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus melakukan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan hasil 86,45% dan berada pada kategori sangat baik. Pengadilan Negeri Surakarta kelas IA khusus tanggal 19 Juli 2018 menerima uji petik dari tim reformasi birokrasi zona integritas Mahkamah Agung Republik Indonesia, Tim tersebut melakukan evaluasi pelaksanaan reformasi dari masing-masing area zona integritas dan Hasil capaian nilai evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi zona integritas adalah sebesar 89,59 dan menjadi yang terbesar ke-5 di Indonesia. Meski demikian, kedepannya Pengadilan Negeri Surakarta kelas IA khusus tetap akan melakukan evaluasi dan berusaha untuk terus memberikan pelayanan yang prima, akuntabel, dan antikorupsi.

 

(drn/ldw)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Bagikan di sosial media: