Print

Rapat Bulanan PN Surakarta

Written by Super User. Posted in Berita Pengadilan

Rapat Pembinaan yang berlangsung setiap bulan diselenggarakan pada Tahun pertama bulan januari pada hari Rabu tanggal 15 Januari 2014 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Surakarta yang dipimpin oleh Bp. Herman H. Hutapea, SH. selaku Ketua Pengadilan Negeri Surakarta, didampingi Panitera/Sekretaris  Bp. Drs. Toetoeng Tri Harnoko HS,SH serta dihadiri oleh para hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional (Panitera Pengganti dan Jurusita) serta seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Surakarta.

Bahasan Rapat meliputi :

1.  Berkenaan dengan adanya perubahan sistem penilaian kinerja karyawan yang semula menggunakan DP3  yang kemudian menjadi SKP (Sasaran Kerja Pegawai) maka Ketua PN Surakarta menghimbau agar seluruh Hakim, staff dan karyawan pada PN. Surakarta membuat daftar rincian tugas harian dengan format yang telah ditentukan.
2.  KPN menegaskan bahwa dengan adanya daftar SKP tersebut Ketua PN Surakarta dapat melihat kinerja dan sasaran kerja karyawan dan memberikan penilaiaan sesuai dengan kredit poin yang telah ditetapkan.
3.  KPN juga menghimbau dengan adanya system penilaian kinerja yang baru dapat meningkatkan kinerja karyawan sehingga dapat mencapai target kerja yang telah disepakati.
4.  Dengan adanya system SKP ini Ketua PN Surakarta menghimbau kepada jurusita dan jurusita pengganti agar melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik sehingga diharapkan tidak ada lagi adanya joki jurusita pengganti dalam melaksanakan tugas kejurusitaan.
5.  Jumlah jurusita akan bertambah satu orang menjadi 5 orang setelah dilantiknya Bp. Subagiyo sebagai jurusita yang baru, sedangkan jurusita pengganti tugas dan jumlahnya masih sama yaitu 34 orang dan dalam hal ini tidak ada yang mengundurkan diri dari tugas sebagai jurusita pengganti.
6.  Ketua PN Surakarta menghimbau agar ruang IT tidak digunakan selain untuk kepentingan Up Date perkara agar server PN. Surakarta tidak mengalami gangguan dalam meng-update perkara.

MENGENAI MASALAH TEKNIS ;
o    Bagian PERDATA
-    Register perkara perdata sudah diselesaikan dengan baik.
-    Minutasi perkara perdata sampai bulan ini tidak ada yang menunggak.
-    Pengiriman berkas cukup baik tidak ada kendala masih sesuai dengan batas toleransi.

o    Bagian PIDANA
-    Minutasi perkara pidana lancar tidak ada masalah/ menunggak.
-    Register perkara pidana sudah diselesaikan dengan baik.
-    Masalah penahanan lancar tidak ada masalah.

o    Bagian HUKUM
-    Register di bagian Hukum sudah diselesaikan dengan baik.


MENGENAI MASALAH NON TEKNIS ;
o    Bagian UMUM
-    Register surat masuk dan keluar telah dilakukan dengan baik.

o    Bagian PERSONALIA
-    Tidak ada.

o    Bagian KEUANGAN
-    Administrasi sudah sesuai dengan prosedur.

-    Panses Pengadilan Negeri
-    Himbauan Panses kepada seluruh staff dan karyawan agar dapat membuat daftar SKP sesuai rincian tugas harian yang dilakukan agar sasaran dan penilaian kinerja karyawan dapat menghasilkan kredit poin yang maksimal.
-    Penilaian system SKP mampu memberikan penilaian yang realistis jauh dari formalitas yang selama ini terjadi ketika menggunakan system penilaian DP3.
-    Penilaian system SKP memberikan kesempatan bagi karyawan untuk berprestasi dibidangnya karena menggunakan standar kredit poin yang telah ditentukan, kredit poin bisa mencapai 100 lebih apabila kinerja karyawan mencapai sasaran yang telah disepakati ditambah dengan prestasi lainnya sedangkan kredit poin bisa turun dan menjadi minus apabila dalam jangka waktu tertentu sasaran kerja tidak tercapai.
-    Manfaat dari penilaiaan dengan system SKP ini antara lain :
1.    Untuk menentukkan training atau pelatihan bagi karyawan berprestasi.
2.    Untuk mutasi karyawan disetiap bagian agar tercapai kinerja maksimal.
3.    Untuk menghindari penilaian yang tidak objektif bagi masing masing karyawan dalam melaksanakan tugas.

Print

Pelantikan Juru Sita Pengganti

Written by Super User. Posted in Berita Pengadilan

Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Surakarta pada hari Rabu tanggal 15 Januari 2014 pukul 09.00 tepat, Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Herman H Hutapea, SH. mengambil sumpah jabatan serta melantik Subagiyo sebagai Juru Sita Pengadilan Negeri Surakarta.

Acara Pelantikan diawali dengan Pembacaan Surat Keputusan Direktorat Badan Peradilan Umum (Badilum) Mahkamah Agung Republik Indonesia dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan dan kata-kata pelantikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Herman H Hutapea, SH. dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan.
Acara dilanjutkan dengan kata-kata sambutan dan pengarahan oleh Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Herman H Hutapea, SH. dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada pegawai yang dilantik, dan berharap dapat melaksanakan tugas baru sebagai jurusita Pengadilan Negeri Surakarta dengan sebaik-baiknya, dan penuh tanggung jawab.
Acara pelantikan ini ditutup dengan pembacaan doa oleh Suwarno,SH kemudian pemberian ucapan selamat kepada pegawai yang baru saja dilantik.

Print

Penghargaan Opini WTP dari KPPN Surakarta

Written by Super User. Posted in Berita Pengadilan

Surakarta-Humas: Pengadilan Negeri Surakarta meraih Penghargaan dari Kantor Pusat Pusat Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta (Nomor:05/WPB.14/KP.028/2013 dan Nomor: 05/WPB.14/KP.028/2013) sebagai Penyusun Laporan Keuangan Tingkat Satuan Kerja Semester I Tahun 2013 untuk Kode Satker 097933 dan 099115 sebagai upaya untuk mewujudkan Laporan Keuangan yang berkualitas dengan opini WTP (Wajar tanpa Pengecualian)

Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Herman H. Hutapea, SH. beserta Panitera / Sekretaris Pengadilan Negeri Surakarta Drs. Toetoeng Tri Harnoko HS, SH., menghimbau kepada seluruh jajaran di lingkungan Pengadilan Negeri Surakarta untuk dapat menjaga dan mewujudkan kinerja untuk menjalankan visi dan misi Mahkamah Agung yang lebih baik dan berkualitas, sehingga opini Wajar Tanpa Pengecualian yang telah diperoleh Mahkamah Agung tetap bisa dipertahankan untuk menjalankan tata pemerintahan yang baik (good goverment) dan pelayanan publik yang semakin baik pula. dengan cara menggunakan uang negara secara efektif dan efesien, tetap transparan dan tetap menjaga dan mempertahankan penghargaan yang telah diberikan dengan opini WTP ini.

Mengenai penghargaan ini, Pengadilan Negeri Surakarta telah melakukan perombakan mulai dari sisi perencanaan, pengelolaan keuangan, pengolahan aset, monitoring dan evaluasi. dan Kalau dilihat pencapaian Pengadilan Negeri Surakarta sangat mendukung untuk penerapan cetak biru Mahkamah Agung. (Ppg/humas)